Friday, October 31, 2014

Peta Alur Sungai Barito Dan Permasalahan

Selamat Pagi Guys.... lama sekali saya nggak posting di Blog tercinta ini. Tapi tetep saya memonitor dan terus pantengin nlog kusam saya ini hehehehe dan walaupun lama nggak posting tapi pengunjung setiaku ini selalu ada. ( nyombong ni ye ) Tidak kurang 700 pengunjung setiap minggunya. Alkamdulilah artinya blog pribadi saya ini sedikit bermanfaat bagi anda semua.


Kembali ke laptop !!
Pembaca budiman ( Cie... Cie .. kayak dongeng waktu kecil dulu ) Sahabat pelaut semua , khususnya pelaut lokal yang kapalnya ( Tug Boat) akan memasuki Banjarmasin. Kebanyakan dari mereka  pasti waswas dan berharap di Deviasi oleh owner atau Pencarter tujuan lain. Ke Sungai Danau atau kemanalah asal jangan ke banjarmasin. Bagi saya sangat maklum apabila ada crew kapal yang takut masuk alur Banjarmasin dan alur sungai Barito karena kerawanan tersebut. 

Bisa di pastikan Tug Boat dengan gandengan tongkang yang belum pernah masuk ke alur banjarmasin dan ketika masuk pada malam hari dapat dipastikan pasti material yang ada di tongkang lenyap di ambil tangan - tangan yang tidak bertanggung jawab, Minimal rantai dapra tongkang, bisa jadi mesin jangkar, gearbox wins jangkar bahkan bisa - bisa jangkarnya. Untuk meminalisir pencurian tersebut kami ngalahin menurunkan temen crew satu atau dua orang untuk naik ke tongkang berjaga di tongkang. Dan solusi yang lain adalah apabila anda belum pernah masuk ke banjarmasin usahakan masuk pada malam hari itupun tidak menjadi jaminan karena kalau kita terlena dalam penjagaan ketika berlabuh tongkang atau kapal kita juga jadi sasaran empuk.

Kejadian ini biasanya terjadi di antara Muara Taboneo sampai dekat Pulau Kaget ( Sungai Jinga ). Pengalaman saya paling tidak empat kali tongkang kami di satroni maling padahal dari pihak perusahaan kami sudah membuat kunci rahasia untuk membuka pintu rumah jangkar tetapi rupanya mereka ( maling ) lebih pintar daripada technical officer kami yng semuanya adalah lulusan ITS hehehhehehe.

Pengalaman kehilangan jangkar tongkang, mesin jangkar plus gearbox dan hanya di sisahin kenalpot mesin jangkar doang inilah yang membuat saya ingin berbagi kepada temen - temen pelaut semua yang akan memasuki alur banjarmasin maupun alur sungai barito sampai hulu sungai Barito.

kebanyakan tug boat yang akan masuk alur barito di beri pandu oleh pihak agen namun sebagai crew kapal kita harus tahu alur dan medannya sehingga tidak harus mengandalkan seorang pandu.

Di  blog ini  saya  akan share peta alur sungai barito dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sampai Kampung Bengkuang Kalteng dan Peta alur masuk Sungai Puting.Jika anda berminat silakan  Download PETA ALUR SUNGAI BARITO ( Gratis ) dengan format powerpoint semoga bermanfaat bagi anda. 

Saya juga juga akan saya share permasalahan atau kendala yang sering di hadapi para pelaut jika akan memasuki alur Sungai Barito. Kendala tersebut berasal dari external kapal  Misalnya banyaknya preman - preman yang mengatasnamakan LSM yang naik ke kapal minta sumbangan minyak BBM  dan juga banyaknya oknum aparat baik Polair, oknum aparat Polisi yang bertugas di polsek - polsek yang lokasinya pinggir sungai barito, oknum aparat Angkatan Laut bahkan oknum aparat Angkatan Darat tidak mau ketinggalan. Kadang kita crew kapal yang di buat repot dan serba salah. Perusahaan biasanya memberi jatah BBM terbatas bahkan ada yang memberi BBM dengan hitungan sendiri tidak memperhitungkan permasalahan di lapangan. Di satu sisi kita berhadapan dengan mereka yang bisa atau nggak bisa harus di kasih di sisi lain kita harus mempertanggungjawabkan pemakaian BBM di kapal inilah yang menjadi momok permasalahan apabila kita melintasi alur sungai barito.. Semoga oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab sadar dan cari rejeki dari Alloh itu tidak harus lewat cara seperti ini.

Inilah yang membuat kita stress dan malas apabila ada perintah berlayar dari perusahaan yang akan melewati alur baanjarmasin dan alur Sungai Barito. Yang harus berhadapan dengan mereka. Untuk share pengalaman saya ketika satu set windlass tongkang kami di satroni maling di alur masuk banjarmasin. Klik Di Sini

Semoga pejabat atau aparat yang terkait di daerah bisa memberi solusi terbaik sehingga alur sungai Barito Bebas pungli oknum aparat dan Preman - preman yang mengatasnamakan lembaga swadaya masyarakat .Sehingga citra negatif ketika melewati alur sungai Barito bisa terbantahkan dan membuat pelaut nyaman masuk membawa kapal di alur sungai Barito
salam 

5 comments:

Obat Pelangsing Badan said...

Thak You Makasih Pak Admin Artikel ya BAGUS

Obat Pembesar Penis said...

ok, Thak You Makasih Pak Admin Artikel ya BAGUS

Anonymous said...

Gimana bang, link peta nya tdk ada lagi, tolong di up date bang, trmksh

anto said...

linknya sdh hilang komandan

Unknown said...

Mohon update kmbali link. Untuk peta alur barito nya ndan, terimakasih